Aditya Nuriansyah
10213246
Iklan dan Dimensi Etis
Iklan atau dalam bahasa Indonesia
formalnya pariwaraadalah promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan
ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Manajemen pemasaran melihat iklan
sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Kkomponen lainnya dari
promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi
penjualan.
Iklan pertama kali diperkenalkan di
nusantara oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda periode 1619-1629 Jan
Pieterszoon Coen. J.P. Coen juga adalah penerbit Bataviasche Nouvelle, surat
kabar pertama di Indonesia yang terbit tahun 1744, satu abad setelah J.P. Coen
meninggal.
Fungsi
Iklan diantaranya :
1.
Fungsi Informasi: menjelaskan perihal produk/servis – keadaan dan
features
2.
Fungsi persuasif : membujuk orang agar membeli produk/jasanya
Adapun jenis iklan tidak etis adalah sebagai
berikut :
1.
Membohongi, mengatakan sesuatu yg tdk benar dg sengaja
2.
Menyesatkan, (=menjerumuskan)
3.
Menipu Publik, (mengatakan yg tidak benar dan berhasil). Apakah mungkin
menipu tanpa berbohong?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar