Rabu, 09 November 2016

Iklan dan Dimensi Etis



Aditya Nuriansyah
10213246
Iklan dan Dimensi Etis

            Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwaraadalah promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Manajemen pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Kkomponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.
            Iklan pertama kali diperkenalkan di nusantara oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda periode 1619-1629 Jan Pieterszoon Coen. J.P. Coen juga adalah penerbit Bataviasche Nouvelle, surat kabar pertama di Indonesia yang terbit tahun 1744, satu abad setelah J.P. Coen meninggal.

Fungsi Iklan diantaranya :
1.      Fungsi Informasi: menjelaskan perihal produk/servis – keadaan dan features
2.      Fungsi persuasif : membujuk orang agar membeli produk/jasanya

Adapun jenis iklan tidak etis adalah sebagai berikut :
1.      Membohongi, mengatakan sesuatu yg tdk benar dg sengaja
2.      Menyesatkan, (=menjerumuskan)
3.      Menipu Publik, (mengatakan yg tidak benar dan berhasil). Apakah mungkin menipu tanpa berbohong?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar